Cara Mendapatkan Hati Para Pembaca Menggunakan Cerpen

Cara Mendapatkan Hati Para Pembaca Menggunakan Cerpen

Menulis adalah salah satu hobi yang mendatangkan banyak manfaat. Terdapat sebagian model tulisan yang mampu kami jadikan sebagai genre menulis kita, layaknya cerpen. Cerpen atau cerita pendek merupakan tulisan yang berisikan cerita yang punya kandungan alur, tokoh, latar, maupun nilai moral. Cerpen yang bagus sudah pasti mampu membawa dampak pembaca merasakan apa yang dirasakan oleh tokoh di di dalam cerita. Tidak ringan sebenarnya menulis cerita yang mampu mempunyai pembaca mengalir di dalamnya. 


Berikut ini adalah sebagian tips untuk memperoleh hati pembaca cerpen:

1. Cari sasaran pembaca yang tepat
Sebelum jauh ke tips lain, tersedia baiknya kami memandang apakah meningkatkan skill menulis anda dengan 5 cara ini cerita yang kami buat udah sesuai bersama dengan sasaran pembaca yang direncanakan. Sebelum membawa dampak cerita, hendaknya kami mengetahui siapa sasaran pembaca cerpen kami nanti, apakah itu anak-anak, remaja, dewasa atau bahkan orang tua. Tidak hanya sampai situ saja, karakteristik sasaran pembaca juga mutlak untuk diperhatikan, layaknya pekerjaan, pendidikan, tempat tinggal dan lain sebagainya. Apabila sasaran pembaca adalah remaja yang masih sekolah, maka cerita yang hendak dibuat mestinya juga terkait bersama dengan kehidupan mereka. 

2. Gunakan pengalaman yang umum
Sebagian besar penulis membawa dampak cerita berdasarkan pengalaman khusus yang pernah dialaminya. Hal ini memudahkan penulis untuk memberikan tiap-tiap kata dan gagasan sampai menjadi suatu cerita yang menarik. Namun, satu hal yang wajib kami waspadai. Semakin unik atau tertentu pengalaman kita, maka semakin sedikit orang lain yang pernah mengalaminya juga. Apabila pembaca belum pernah mengalami cerita di dalamnya atau bahkan pembaca asing bersama dengan pengalaman tersebut maka rasa simpatinya akan berkurang. Oleh dikarenakan itu, cerita yang dekat bersama dengan pengalaman para pembaca akan membawa dampak mereka lebih ringan mengetahui dan merasakan apa yang berlangsung terhadap tokoh. Sebagai contoh, sebuah cerpen berisikan kisah perihal anak yang mulai sedih dikarenakan ditinggal orang tuanya bekerja jauh. Cerita ini akan begitu membekas terhadap pembaca yang juga pernah merasakannya. Jadi, memperhitungkan pengalaman yang akan Anda tuliskan khususnya dahulu, apakah nantinya pembaca mampu mengetahui cerita bersama dengan ringan atau bahkan ada problem di dalam mengetahui rangkaian cerita dikarenakan jauh dari pengalaman khusus mereka. 

3. Pilih cerita mengharukan
Tidak mampu dipungkiri bahwa cerita bersama dengan tema yang mengharukan akan lebih ringan memperoleh simpati dari para pembaca, walaupun sebenarnya tidak melulu wajib cerita sedih. Setiap orang punyai hati nurani yang akan menambahkan reaksi iba andaikan mengetahui cerita yang mengharukan, khususnya terkecuali mereka juga mengalami hal yang sama. Kita akan lebih simpati terhadap cerita seorang nenek atau kakek yang wajib bekerja keras mencari makan bersama dengan berjualan kerupuk di pinggir jalan dibanding kisah cinta yang romantis. Cerita-cerita sedih terbukti mampu membawa dampak hati pembaca tersentuh. Tapi, hal ini juga terkait terhadap rangkaian cerita yang dibuat. 

4. Cerpen mampu menuliskan semua perasaan bersama dengan jelas
Salah satu kelemahan dari cerpen adalah tidak punyai gambar yang mendukung rangkaian cerita, tidak serupa bersama dengan komik. Meskipun demikian, kami mampu menuliskan segala ungkapan atau tulisan bersama dengan lebih teliti sehingga para pembaca akan memahaminya bersama dengan jelas. Kita mampu raih hati pembaca bersama dengan mengutarakan segala perasaan tokoh bersama dengan lugas sehingga mereka tidak wajib menebak-nebak apa yang dirasakan oleh tokoh di di dalam cerpen. Anda juga mampu menuliskan beraneka kemungkinan yang dipikirkan oleh para pembaca, layaknya kemungkinan ia mulai kecewa atau marah, hmm tidak, kali ini dia benci padaku. Pemikiran dan perasaan yang diungkapkan di dalam cerita mampu menyentuh hati pembacanya. 

Tidak ringan membawa dampak pembaca merasakan cerita yang mendalam dari suatu tulisan. Beberapa tips di atas mampu dilaksanakan sebagai bisnis untuk memperoleh hati para pembaca. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Inilah Cara Menulis Artikel Secara Profesional dan Berkualitas

Meningkatkan Skill Menulis Anda dengan 5 Cara Ini